Menulis Puisi itu Mudah


      Menulis puisi di anggap oleh sebagian kalangan merupakan hal yang sangat sulit dan membutuhkan waktu untuk berfikir. namun sebagian kalangan ada yang menilai bahwa menulis puisi adalah hal yang tidak begitu sulit baginya karena menulis puisi sesungguhnya hanyalah merangkai kata kata menjadi sebuah kalimat yang memiki irama. semua yang di katakan orang adalah benar. menulis puisi memang ada yang bilang susah ada juga yang bilang mudah. namun disini saya akan menjelaskan sedikit dan saya juga akan memberi tips bagaimana menulis puisi yang mudah namun tetap terlihat baik seperti apa yang kita inginkan.
Tips Mudah Menulis Puisi dari Media Agus
       Bagi saya puisi adalah karya yang bisa di bilang susah juga untuk di buat tapi jika sedang ada mood cukup mudah untuk membuatnya, nah Mood ini lah yang biasa saya andalkan dalam menciptakan sebuah puisi. lebih jelasnya akan saya terangkan satu persatu sesuai yang sering saya praktekan dalam menulis dan menciptakan puisi bebas.

1. Mood
       Bagi saya sendiri, mood sangat berpengaruh dalam setiap puisi yang pernah saya buat. karena hanya pada saat mood baguslah saya bisa menciptakan coretan-coretan yang nantinya akan saya sebut sebagai puisi. Puisi yang saya buat semuanya bisa di bilang adalah puisi bebas karena lebih mudah dan tidak terlalu memikirkan majas dan yang pasti mood saya mengatakan bahwa saya hanya bias menulis puisi bebas.

 2. Suasana
       Suasana juga merupakan faktor pendukung dalam menciptakan karya-karya berupa puisi, saya sering kehilangan mood dalam menulis puisi dan itu sangat menghambat saya dalam menciptakan puisi. namun suasana inilah yang beperan aktif dan membatu saya mengembalikan mood saya untuk menemukan ide yang pas untuk kembali memulai berkarya yaitu menulis puisi.

bagaimana mendapatkan suasana yang pas untuk menciptakan puisi? . . .

       yang saya lakukan adalah dengan mendengarkan musik atau bisa juga dengan menikmati suasana yang ada seperti suasana bulan purnama, sunset dll.  Dengan menghayati suasana biasanya puisi yang kita buat nantinya akan terlihat sangat bagus dan begitu nyata dalam fikiran kita. Bagi saya sendiri setiap suasana apapun bila kita mau sedikit berfikir dan menulis pasti bisa menjadi sebuah puisi

 3. Ide
        Ide merupakan inti dari puisi yang akan di buat, semua penjelasan di atas berdasarkan dari ide. Susah mendapatkan ide? tenanglah, ide itu bertebaran di mana mana dan ada di sekeliling kita tingga di pilih pilih saja contoh: Suasana senja di sore hari , malam yang bertabur bintang dll. 

Bigung memilih ide? jangan bingung., ini sering saya alami setiap saya ingin menulis puisi. cara menyelsaikanya adalah kita tulis saja setiap ide yang kita dapat dan kemudian kembangkan setiap ide yang di dapat menjadi sebuah kata kata yang indah lalu tinggal di bikin puisi dehhhh . . :D

 4. Merangkai Kata
      Bila sudah menemukan kata-kata yang pas maka susunlah dengan baik dan sesuaikan posisinya agar saat di baca puisi kita nanti bisa terlihat baik dan juga menarik. Jangan lupa untuk menambahkan sedikit majas, yaaaa buat hiasan saja biar tambah menarik bila di baca orang lain

5. Finishing
     Terakhir jangan lupa mengecek lagi baik huruf maupun kalimat, bila kalimat tidak sesuai dan tidak nyambung lebih baik kita ganti kalimat tersebut. Jangan takut untuk merubah kata kata bila tidak mau buruk hasilnya dan yang pasti jangan lupa untuk terus berkarya.

Bagi saya, “ Puisi saya jelek sudah biasa, toh kita juga sedang berusaha dan masih belajar dalam membuatnya .“ , jangan takut untuk mempublikasikan puisi karya sendiri, blog ini siap membantu untuk mempublikasikan karya anda. Saya juga masih belajar menulis puisi kok . . mari belajar bersama dalam membuat sebuah karya sederhana. Ku tunggu karyamu untuk di publikasikan di blog ini . . 

Sekian sedikit tips dari saya ini, bila terdapat banyak kesalahan dalam mengartikan dan juga kesalahan dalam penulisan saya meminta maaf sebesar besarnya. Salam calon penulis :D hehe .

0 Response to "Menulis Puisi itu Mudah"

Post a Comment

Berkomentar mungkin akan lebih baik dari pada hanya membaca